Rabu, 27 Mei 2015

Nadab Dan Abihu

Pokok cerita : Api Tuhan membakar hangus korban bakaran yang di persembahkan dengan benar (imamat 9 : 24)
Tujuan cerita :
1.      Anak mengerti bahwa Tuhan senang menerima setiap persembahan yang dipersembahkan dengan cara yang benar.
2.      Anak makin menyadari pentingnya melaksanakan tugas dengan benar dan bertanggung jawab.
3.      Anak memberikan persembahan terbaik dengan motivasi yang benar.
Inti pokok penerapan :
ü  Tuhan senang karena Harun dan anak-anaknya melaksanakan tugas. mempersembahkan korban dengan benar.

ü  Tuhan menerima persembahan yang dipersembahkan dengan cara yang benar. 

Analisa Adegan :
Adegan
Tema
Ayat
I(puncak)
Pentahbisan Harun dan anak-anaknya sebagai iman
Im 8 & 9
II
Nadab dan abihu melanggar ketetapan Tuhan
Im 10 : 1
III
Pelajaran berharga bagi para iman
Im 10:2-11

Renungan bagi GSM :
1.      Jika saya dipercayakan mengambil pelayanan,misalnya memimpin lagu,berdoa atau bercerita,apakah melakukan tugas itu dengan benar?
2.      Apakah saya memberikan persembahan dengan motivasi yang benar?
3.      Bagaimana sikap saya dengan minuman keras.pernahkah saya kehilangan kesadaran karena mabuk olehnya?
Pendahuluan?

Cerita :
Tuhan memilih Harun bersama ke 4 anaknya yaitu: Nadab,Abihu,Eleazar dan Itamar untuk menjadi iman yang akan bertugas di kemah suci,tugas mereka melayani Tuhan dan orang israel yang ingin berdoa dan memberi persembahan kepada Tuhan.ketika harun bersama anaknya di lantik jadi iman mereka disaksikan oleh umat israel. …………………
Setelah pelantikan,mereka langsung mempersembahkan korban kepada Tuhan. Harun dan anak-anaknya melakukannya dengan benar sesuai petunjuk dan aturan Tuhan yang sudah di sampaikan musa.Tuhan menerima persembahannya karena api Tuhan keluar dan membakar habis semua korban persembahan itu.Tuhan senang karena harun dan anak-anaknya melaksanakan tugas dan mempersembahkan korban dengan benar. Orang israel sangat senang karena persembahan itu di terima Tuhan.mereka bersukacita dan mengadakan perayaan selama 7 hari lamanya.
Dalam perayaan itu,Nadab dan Abihu minum minuman keras sehingga kehilangan kesadaran dan melakukan kesalahan pada saat membakar ukupan di hadapan Tuhan, api yang digunakan bukan dari mesbah dan cara itu tidak sesuai perintah Tuhan yang diberikan musa.
Tuhan marah dan menghukum nadab dan abihu. Api Tuhan keluar dan membakar hangus keduanya  hingga mati. Tuhan menghukum pelayannya yang tidak bertanggung jawab melaksanakan aturan yang seharusnya. Tuhan menerima persembahan yang dipersembahkan dengan cara yang benar. Musa memanggil misael dan elsafan mengambil mayat nadap dan abihu untuk dikuburkan diluar perkemahan.
orang israel berkabung dan menangis karena kematian nadap dan abihu. Namun Harun dan anaknya yang lain(eleazar dan itamar) tetap melanjutkan tugasnya sebagai iman di kemah suci ,Tuhan menegaskan kepada Harun bahwa seorang iman tidak boleh minum minuman keras,karena kalau mereka melanggar meraka akan mati seperti nadap dan abihu.amin




Liturgi
1.      USD
2.      Ny : pergi sekolah minggu
Satu anak Tuhan pergi sekolah minggu, satu anak Tuhan bawa teman pergi sekolah minggu, dua anak Tuhan pergi sekolah minggu, dua anak Tuhan bawa teman pergi sekolah minggu, tiga anak Tuhan pergi sekolah minggu, tiga anak Tuhan bawa teman pergi sekolah minggu. ……………….( xaxikan sampai ke 10)
3.      Doa pembukaan
4.      Cerpen :
Seorang anak pergi ke sekolah minggu,mamanya memberi dia persembahan, di perjalanan ia melewati kios, lalu dia melihat ada mainan baru dia ingin memilikkinya,dia ingat kalau tadi mamanya memberikan uang.dalam hati dia berkata: nd pp deh minggu ini sy gk ksh msk persembhan mamaku kan nd tahu, dan minggu depan lagi baru saya ksh masuk.
5.      Ny :
6.      PCML :  Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan(kel 36:5)
7.      Ny : bawa persembahanmu
8.      Persembahan
Ny : sgala milikku
9.      Doa persembahan dan doa cerita
10.  Pendahuluan
Ny : ada dua jalan
(Di dalam dunia ada dua jalan,Lebar dan sempit, mana kau pilih,Yang Lebar api, jiwamu mati,Tapi yang sempit, hidup berglory)
11.  Cerita
Ny : brilah yang baik
B’rilah yang baik 2x,Karna Tuhan sudah memb’ri kau yang terbaik Apa yang kau b’ri maka b’rilah skarang Karna Tuhan pasti balas kau Dan berkati kau slamanya

12.  Doa syafaat
13.  Aktivitas
o   absen
o   Ayat hafalan imamat 19:5
14.                         Ny : Bila Ku Ingat Cinta Tuhanku
Bila kuingat cinta Tuhanku,Ku tidak akan mundur lagi…2x .
Aku …tidak mau…Ku tidak akan mundur lagi.
Sungguh…tidak mau..ku tidak akan mundur lagi
15.  Doa Berkat
16.  Ny :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar